Pages

Thursday, May 19, 2011

Membuat Animasi Tata Surya menggunakan Flash beserta Link Download-nya


Sewaktu SMA dulu, tepatnya kelas 2, pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (singkat saja TIK),  terdapat materi tentang pembuatan animasi tata surya yang menggunakan aplikasi tren komputer bernama Macromedia Flash (tempo dulu). Waktu itu kami masih menggunakan Macromedia Flash 8 dikarenakan adobe flash waktu itu belum populer di daerah kami. Pada pertemuan pertama, guru kami memb eri perkenalan tentang basic atau dasar-dasar mengenai  area kerja Flash 8. Dan setelah itu berlanjut ke tahap yang lebih sulit pada pertemuan kedua dan seterusnya. Pada waktu itu, guru saya hanya mengkonsentrasikan Flash khusus untuk membuat animasi Tata Surya di akhir pertemuan. Pada pertemuan pertengahan semester, guru TIK kami yang waktu itu kebetulan sering memberikan nilai plus bagi siswa yang aktif, mengadakan tawaran bagi siswa siapa saja yang bisa mengajari teman-temannya membuat animasi tata surya di depan kelas, maka akan diberi nilai plus saat ulangan nanti.

Dan kebetulan karena saya orangnya dikenal agak ulet di bidang TI oleh teman-teman saya, dan kebetulan saya juga sudah menguasai materi tata surya tersebut, maka teman-teman menunjuk saya ke depan untuk mengajari mereka (Meskipun saya juga enggan untuk melakukannya) hehe. Waktu di depan kelas itu saya benar-benar  gugup untuk berbicara, namun lambat laun akhirnya terbiasa juga.

Menjelang jam pelajaran TIK berakhir, saya baru sampai di tengah-tengah mengajari teman-teman, padahal suatu keharusan bagi saya untuk mengajari mereka sampai selesai. Kemudian sebagai alternatif dari terbatasnya waktu tersebut, maka saya juga disuruh teman-teman untuk membuatkan sebuah tutorial animasi Tata Surya itu (kayak pesuruh aja ya, ckckck).
Dirumah dengan merasa pusing sendiri, saya membuat tutorial itu dan alhamdulillah akhirnya jadi juga meskipun hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk membuatnya.

Setelah selesai, kemudian saya print menjadi 2 bendel. Namun ironisnya, kenapa saya tidak berniat untuk mencantumkan nama pembuat pada tutorial itu? Apakah karena saya pemalu? Apa nanti takut dimarahi Pak Guru? Barangkali sifat saya yang rendah diri hati ini masih sering membisikkan kata hati saya karena hal tersebut dapat menimbulkan kesombongan. Hehehe, Lebay.

Dan yang paling mengejutkan setelah beberapa minggu kemudian, saya melihat bendelan kopian tutorial saya tersebut terlihat pada bagian klipnya sudah banyak bekas klip-klip hasil kopian sebelumnya. Betapa saya terkejutnya juga karena kopian tersebut tercantum nama adik kelas saya. Dalam hati kecil, saya benar-benar bersyukur karena Allah yang maha kuasa telah memberikan kemampuan kepada saya untuk bisa membuat sebuah tutorial sederhana itu.

Maka dari itu, kita tahu bahwa saling berbagi itu amatlah indah. Dan saya akan memberikan link Tutorial asli buatan saya sendiri itu via Ziddu.

Nama File : Langkah-Langkah Membuat Animasi Tata Surya 2
Format file : *.doc Microsoft Word,
Ukuran : 124 KBytes.

Bagi yang sudah tidak sabar.

Klik disini untuk men-download.

Selamat mencoba… :)

1 comments:

puisi dan pendidikan said...

ijin sedot ilmunya gan . sukses selalu

Post a Comment